A.
Pengertian Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum
Langkah-langkah adalah suatu cara yang dilakukan seseorang dalam
mengerjakan suatu kegiatan.
Pengembangan berarti suatu kegiatan untuk memperoleh suatu cara
atau alat yang baru untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas.[1]
Kurikulum secara umum didefinisikan sebagai suatu rencana/plan yang
dikembangkan untuk memperlancar proses belajar mengajar dengan arahan atau
bimbingan sekolah serta anggota staffnya.[2]
Ada dua pendapat tentang pengertian kurikulum yaitu pengertian
kurikulum dalam arti sempit dan pengertian kurikulum dalam arti luas.
Pengertian kurikulum dalam arti sempit, aialah sejumlah mata pelajaran atau
sejumlah pengetahuan yang harus dikuasai oleh anak didik untuk mencapai suatu tingkat/ijazah pada suatu lembaga
pendidikan. Pengertian kurikulum dalam arti luas,ialah semua pengalaman yang
dialami dan yang dilakukan oleh anak didik di bawah tanggung jawab sekolah, baik
di dalam kelas maupun diluar kelas dalam rangka usaha pencapaian tujuan
pendidikan.[3]
Kurikulum juga merupakan suatu rencana
pendidikan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup, dan urutan isi,
serta proses pendidikan.[4]
Pandangan lama merumuskaan bahwa kurikulum adalah
sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh murid untuk memperoleh ijazah.[5]
Berdasarkan pengertian kurikulum diatas,maka kurikulum adalah semua
kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru untuk disampaikan
kepada siswa agar dapat mencapai tujuan pendidikan.
Pengembangan
kurikulum merupakan inti dalam penyelenggaraan pendidikan, dan oleh karenanya
pengembangan dan pelaksanaannya harus berdasarkan pada asas-asas pembangunan
secara makro.[6]
Pengembangan
kurikulum secara umum yaitu pada pokoknya ada dua prosedur utama untuk mengubah
atau mengembangkan kurikulum yaitu administrative approach yaitu yang
direncanakan oleh pihak atasan untuk kemudian diturunkan kepada
instansi-instansi bawahan sampai kepada guru-guru, jadi from the top down, dari
atas ke bawah, atas inisiatif para administrator. Yang kedua yaitu grass roots
approach yaitu yang dimulai dari akar from the bottom up dari bawah ke atas
yaitu pihak guru atau sekolah dengan harapan akan meluas ke sekolah-sekolah lainnya.[7]
Berdasarkan berbagai pengertian diatas bahwa langkah-langkah pengembangan
kurikulum adalah Semua kegiatan/ usaha yang dilakukan untuk menciptakan cara
baru dalam pembelajaran dengan terencana sehingga terciptanya tujuan
pembelajaran/pendidikan yang diinginkan.
[1] Nazhary,Pengorganisasian, Pembinaan, Pengembangan, dan Pengembangan
Kurikulum, 1993, Hal 28.
[2]Subandijah, Penngembangan dan Inovasi Kurikulum,1996,Hal 33.
[3]Nazhary,opcit,Hal 1-2,
[4]Nana Syodih,PengembanganKurikulum,
Hal 4
[5]OemarHamalik,Dasar-dasarpengambanganKurikulum,Hal 3.
[6] http://davidsbayer.wordpress.com/2011/10/11/prinsip-dasar-orientasi-model-dan-tahapan-pengembangan-kurikulum/, di unduh sabtu, 8
september 2012 pukul 13.08
[7] http://longlifeeducation-sukses.blogspot.com/2011/03/prinsip-dan-langkah-dalam-pengembangan.html, diunduh sabtu, 8 september
2012 pukul 12.56
1 komentar:
JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.site
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
8 Pasaran Togel Terbaik Bosku
Joker Slot, Sabung Ayam Dan Masih Banyak Lagi Boskuu
BURUAN DAFTAR!
MENYEDIAKAN DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL / XL
DOMPET DIGITAL OVO, DANA, LINK AJA DAN GOPAY
UNTUK KEMUDAHAN TRANSAKSI , ONLINE 24 JAM BOSKU
dewa-lotto.site
Posting Komentar